Citra Hotel Tugu Malang Di Mata Netizen (Resepsi Terhadap Vlog “Experience Menginap Di Hotel Ter-antik Di Malang”)

  • Rimalinda Lukitasari Politeknik Internasional Bali
Keywords: Citra, Heritage, Hotel Tugu Malang, Netizen

Abstract

Citra suatu hotel di mata masyarakat kadang kala dapat tidak sejalan dengan konsep identitas yang ingin dikomunikasikan oleh perusahaan. Hotel Tugu Malang merupakan salah satu hotel di Indonesia yang kental akan unsur heritage, namun citra yang berkembang di masyarakat banyak terdistorsi ke arah stigma kuno yang seram. Penelitian terhadap vlog berjudul ”Experience Menginap di Hotel Ter-antik di Malang” oleh youtuber Anak Kuliner ini bertujuan untuk menjadi salah satu bentuk evaluasi terhadap strategi public relation Hotel Tugu Malang dengan cara menganalisis resepsi penonton terhadap pesan yang disampaikan dalam vlog.

Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif-deskriptif dengan menggunakan teori resepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun dengan nuansa konten yang informatif, ceria, cerah, positif, bersahabat, dan antusias, resepsi penonton masih banyak yang berada di posisi oposisi, dengan beberapa sudah mulai bergerak ke posisi negosiasi dan dominan hegemonik. Oleh karenanya, disarankan agar manajemen terus melakukan usaha publisitas positif yang mengintegrasikan beberapa jenis media yang berbeda dan memaksimalkan pemanfaatan metode storytelling.

Published
2020-12-01