Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Tamu Di Tebing Bar Dan Café Kupang

  • Yudha Eka Nugraha Politeknik Internasional Bali
Keywords: Kualitas Layanan, Kepuasan Wisatawan, Wisatawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menjawab masalah tersebut, yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas Layanan terhadap kepuasan pelanggan di Tebing Bar dan Cafe Kupang. Populasi dari penelitian ini
adalah tamu yang menggunakan jasa Tebing Bar dan Cafe Kupang selama bulan April tahun 2018 sampai dengan bulan Juni tahun 2019 adalah 3.424 tamu yang berkunjung dan dicari rata-rata perhari tamu adalah sebesar 70 orang tamu yang ditangani oleh karyawan Tebing Bar dan Cafe Kupang. Dengan menggunakan rumus slovin, penulis mengambil sampel berjusmlah 97 responden. Data yang diperoleh melalui kuesioner
kemudian dianalisis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana yang hasilnya diolah menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini melalui analisis
regresi sederhana, diperoleh hasil bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada jasa Tebing Bar dan Cafe Kupang sebesar 62% dan sisanya 38% yang di pengaruhi oleh faktor lain. Artinya jika kualitas layanan ditingkatkan maka kepuasan pelanggan juga akan meningkat.

Published
2018-11-12