Peran Teknologi Informasi Dalam Menginformasikan Data Wisata Air Terjun Di Website Dinas Pariwisata Setiap Kabupaten Di Bali

  • Ayu Aprilyana Kusuma Dewi
Keywords: Teknologi Informasi, Wisata Air Terjun, Website, Dinas Pariwisata

Abstract

Sampai saat ini informasi wisata air terjun dalam setiap website milik Dinas Pariwisata per kabupaten di Bali masih memiliki kekurangan dalam menginformasikan wisata setiap daerah kepada wisatawan. Maka dibutuhkan pengelolaan dalam suatu basis data yang secara periode dapat dimonitor dan disampaikan secara luas melalui media teknologi informasi dalam website Dinas Pariwisata setiap kabupaten di Bali. Untuk menganalisis teknologi informasi ini diambil beberapa kabupaten yang telah menerapkan data wisata air terjun secara maksimal dan belum maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis website Dinas Pariwisata setiap kabupaten di Bali, agar dapat memanfaatkan dan memaksimalkan penyajian informasi secara tepat, mudah dan update. Hal lain yang didapatkan yaitu dapat memperkenalkan wisata air terjun yang masih belum terjamah oleh banyak wisatawan. Metodologi penelitian yang dilakukan meliputi beberapa tahapan yaitu analisis sistem, studi literatur, identifikasi masalah, penentuan tujuan, analisis kebutuhan informasi, inventarisasi data, penyajian hasil dan evaluasi.

Simpulan penelitian ini adalah tiga kabupaten di Bali telah memanfaatkan situs website, empat kabupaten di Bali sudah memiliki website namun tidak memiliki informasi daerah wisata, dan Kabupaten Kelungkung tidak memiliki situs website. Hasil akhir yang diharapkan pada penelitian ini adalah pemanfaatan website milik Dinas Pariwisata setiap kabupaten dalam memberikan informasi mengenai wisata air terjun yang dimiliki setiap daerah di Bali, sehingga dapat memperkenalkan wisata disetiap daerah ke wisatawan yang berkunjung serta dapat memajukan kinerja Dinas Pariwisata dan meningkatkan devisa pemasukan pemerintah.

Published
2019-06-28