Semantik Analisis Tagline Di Instagram Untuk Mempromosikan Pariwisata MICE (Studi Kasus: Akun Bisnis Phenom Event)

  • Luh Mega Safitri Politeknik Internasional Bali
Keywords: Analisis Semantik, Tagline, Instagram, Pariwisata MICE

Abstract

Penelitian yang berjudul Semantik Analisis Tagline di Instagram Untuk Mempromosikan Pariwisata MICE (Studi Kasus: Akun Bisnis Phenom Event), fokus pada makna tagline berbahasa Inggris yang terdapat pada iklan instagram event organizer. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mendeskripsikan jenis-jenis makna dan faktor implikatur dalam tagline berbahasa Inggris. Data dikumpulkan dari beberapa tagline bahasa Inggris yang diposting di instagram dan dalam menganalisis data, penulis menggunakan teori dari Leech (1974) tentang dua jenis makna dan teori dari Palmer tentang aspek makna (1976). Kedua jenis makna tersebut adalah makna konseptual (denotatif) dan makna asosiatif yang terbagi menjadi enam sub jenis: konotatif, sosial, afektif, kolokatif, reflektif, dan tematik. Palmer (1976) membedakan aspek makna menjadi empat jenis yaitu aspek pengertian (sense), aspek rasa (feeling), aspek nada (tone) dan aspek tujuan (intention). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis makna kalimat dalam tagline tersebut mengandung lima makna konseptual (denotatif), 22 makna konotatif, dan empat makna afektif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa aspek makna tujuan persuasif paling banyak digunakan dalam postingan tagline di instagram. Faktor-faktor yang mempengaruhi implicature yakni faktor tujuan dan jalur. Tagline digunakan sebagai media untuk meningkatkan brand awareness dan strategi marketing dengan menggunakan tulisan yang singkat, padat dan efektif.

Published
2020-12-01