Implementasi Budaya Bali Dan Konsep Tri Hita Karana Di Harris Hotel, Seminyak-Bali

  • Dinar Sukma Pramesti Politeknik Internasional Bali
Keywords: Budaya Bali, THK, Harris Hotel Seminyak

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk penerapan budaya Bali dan konsep THK pada Harris Hotel Seminyak yang merupakan salah satu hotel yang berlokasi di Bali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Informan dalam penelitian ini yaitu manajemen Harris Hotel Seminyak. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumen.

Adapun wujud implementasi budaya Bali di Harris Hotel Seminyak yaitu penggunaan pakaian adat Bali pada hari Kamis maupun hari-hari keagamaan, mengadakan kegiatan berupa lomba busana adat Bali, lomba membuat dekorasi Bali, membuat penjor, memajang lukisan dengan gambar aktivitas umat agama Hindu di Bali yang sedang menjalankan persembahyangan, maupun aktivitas sehari-hari serta menyajikan menu makanan khas Bali.

Wujud implementasi konsep THK dilihat dari konsep Parhyangan yaitu memberikan kebebasan beribadah, menyediakan beberapa tempat persembahyangan, menghaturkan canang sari di padmasana dan di setiap
section dapartement, mengisi setiap ruangan dengan pelangkiran, melakukan piodalan di Padmasana serta melakukan tirtayatra ke beberapa Pura di Bali maupun Jawa. Wujud implementasi konsep pawongan yaitu
mengadakan kegiatan Sima Krama Dharma Santhi/silaturahmi dan kegiatan A day to share. Wujud implementasi konsep palemahan yaitu memperingati tumpek uduh, tumpek kendang, melaksanakan kegiatan mecaru (Bhuta Yadnya), melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai dan areal desa Seminyak.

Published
2020-06-27