Peran Transportasi MRT Dalam Mendukung Industri Pariwisata Bisnis Di Jakarta

  • Made Handijaya Dewantara Universitas Prasetiya Mulya
Keywords: Transportasi, Aksesibilitas, Pelayanan, Value Proposition

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran transportasi MRT (mass rapid transit atau moda raya terpadu) dalam mendukung industri pariwisata bisnis di Jakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian kali ini merupakan bentuk pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan selama dua minggu melalui wawancara mendalam dan teknik participatory observation. Data yang diperoleh dari hasil penelitian, dianalisis dengan menggunakan model deskriptif. Datadata yang diperoleh kemudian disesuaikan dengan teori PEST (PEST Analysis), untuk kemudian dideskripsikan melalui business model canvas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MRT Jakarta merupakan jenis transportasi yang tepat dalam memperlancar aksesibilitas wisatawan selama berlibur, maupun berbisnis di Jakarta. MRT Jakarta juga telah mengubah cara berperilaku dan mengubah peradaban masyarakat Jakarta, untuk lebih tertib, disiplin, dan menyukai transportasi publik. Hal ini akan mengurangi potensi polusi udara dan bunyi di Jakarta. Dengan value proposition dalam business model canvas yang menunjukkan moda transportasi yang cepat, ramah lingkungan, tanpa macet, serta berteknologi tinggi, MRT Jakarta diperkirakan akan menjadi primadona para wisatawan, baik yang sedang berbisnis, maupun yang sedang menikmati daya tarik wisata di ibukota Jakarta. Untuk ke depannya, PT MRT Jakarta diminta untuk tetap melanjutkan proses konstruksi rel berikutnya, sembari mempertahankan standar pelayanan prima yang selama ini sudah diterapkan.

Published
2020-06-27